Apa yang bisa kami bantu?

OS (Operating System) CentOS merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat open source berbasis Linux. Project CentOS (Community Enterprise Operating System) menggunakan source code dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dan dikembangkan oleh beberapa developer dan didukung komunitas yang disebut CentOS Project. Karena tercipta untuk komunitas maka CentOS bisa didapatkan secara gratis.


 

CentOS Project sendiri mulai berkembang sejak 2004 dan selalu mengalami perkembangan yang cukup masif. Sifatnya yang open source menyebabkan setiap developer bisa mengembangkan CentOS, selain itu CentOS juga memiliki komunitas yang loyal untuk membantu sesama pengguna CentOS sekaligus untuk membantu CentOS Project untuk berkembang semakin cepat.

Varian Sistem Operasi CentOS

CentOS sendiri sering digunakan sebagai platform untuk enterprise atau perusahaan.  CentOS juga rutin memberikan update untuk OS mereka yang berisi tambahan fitur atau keamanan terbaru. Saat ini CentOS Project memiliki dua varian yaitu:


 

1. CentOS Linux 

CentOS Linux adalah bentukan ulang dari source RHEL. Pada dasarnya CentOS Linux adalah RHEL tapi dikembangkan oleh komunitas. CentOS Linux adalah downstream dari RHEL karena itu CentOS akan mendapatkan pembaruan sesudah RHEL mengeluarkan update terbaru.

Nomor versi dari CentOS Linux mengikuti tanggal rilis dari RHEL yang merupakan basis CentOS Linux. Misalnya CentOS 8.2105 adalah bentukan ulang dari RHEL 8.3. Nomor di belakangnya adalah tahun dan tanggal rilis dari RHEL yaitu Mei 2021. 


 

2. New CentOS Stream 

CentOS Stream adalah distro terbaru dari CentOS yang akan menjadi masa depan dari CentOS. CentOS Stream akan menjadi fokus baru dari CentOS, karena merupakan pengembangan baru dari CentOS maka CentOS stream akan mendapatkan support lebih lama. Walaupun demikian CentOS Stream masih kurang stabil jika dibandingkan dengan CentOS Linux.


 

CentOS Stream merupakan upstream dari source RHEL yang disediakan untuk publik. CentOS Stream 8 adalah upstream dari RHEL 8 dan CentOS Stream 9 adalah upstream dari RHEL 9.


CentOS Stream 8 tersedia di CERN pada 04.01.2021 dan saat ini merupakan sistem operasi yang didukung, hingga 31.05.2024.


Cara convert dari CentOS Linux 8 ke CentOS Stream 8 dengan menjalankan perintah berikut:  

dnf --disablerepo '*' --enablerepo extras swap centos-linux-repos centos-stream-repos 
dnf distro-sync 


 

CentOS Stream versions
 

These are the versions of CentOS Stream as of January 2022.
 


Kelebihan Sistem Operasi CentOS


Sejak Maret 2004, CentOS Linux telah menjadi distribusi yang didukung komunitas yang berasal dari sumber-sumber yang disediakan secara gratis oleh Red Hat kepada publik. Dengan demikian, CentOS Linux bertujuan agar kompatibel secara fungsional dengan RHEL. Terutama mengubah paket untuk menghapus branding vendor dan artworks. CentOS Linux tanpa biaya dan gratis untuk didistribusikan ulang.

CentOS sendiri memiliki beberapa keunggulan yaitu antara lain:

  • Kompatibel secara fungsional dengan RHEL
  • Mendapat dukungan resmi cPanel
  • Open source dan gratis
  • Memiliki komunitas yang aktif
  • Rutin mendapatkan update baik itu pembaruan fitur atau keamanan
  • Mudah digunakan dan cocok untuk pemula
  • Cocok digunakan untuk project jangka panjang

CentOS Lifecycle

CentOS Linux dikembangkan oleh tim Developer inti dengan skala kecil namun terus berkembang. Pada waktunya, Developer utama didukung oleh komunitas pengguna aktif termasuk administrator sistem, administrator jaringan, manajer, kontributor Linux utama, dan penggemar Linux dari seluruh dunia.

Komunitas ini yang akan terus membantu pihak developer untuk mengembangkan CentOS. Walaupun bersifat gratis para pengguna juga bisa mendonasikan uang mereka untuk pengembangan CentOS. CentOS sendiri memiliki batas EOL atau End of Life, berikut adalah tabel dukungan support baik dari pihak CentOS maupun Biznet Gio:

 

Release Version
Full Support Until
Maintenance Updates Until
Status
Centos 6 10 Mei 2017 30 November 2020 Maintenance Updates
Centos 7 31 Desember 2020 30 June 2024 Full Support
Centos 8 31 Desember 2021 31 Desember 2021 Full Support

Notes:

  1. Full Support menyediakan saran dan masukan keamanan yang sangat penting dan serta adanya prioritas saran perbaikan bug, yang sifatnya mendesak atau urgent jika tersedia, pemberdayaan perangkat keras baru atau dengan pembaharuan dan pemilihan fungsionalitas software yang disempurnakan.
  2. Maintenance Support menyediakan faktor ciritical security yang penting untuk prioritas saran perbaikan bug yang sifatnya mendesak atau urgent.

Dari penjelasan diatas maka diharapkan kepada pelanggan yang masih menggunakan Versi Red Hat Enterprise Linux dengan status rilis dan versi yang lama, kami menyarankan untuk dilakukan upgrade ke versi yang terbaru sesuai dengan tabel Operating system Centos  Enterprise Lifcycle Matrix.

References: Product Page on CentOS Wiki: https://wiki.centos.org/About/Product 


Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Temukan bantuan lainnya melalui Knowledge Base Biznet Gio. Jika Anda masih memiliki kendala silahkan hubungi support@biznetgio.com