Cara Menggunakan service Find dan Locate untuk Mencari File pada Linux

-

Pendahuluan

Pada pembahasan kali ini, kami berkesempatan untuk menjelaskan mengenai beberapa fitur command yang dapat digunakan ketika menggunakan platform Linux untuk kebutuhan dan penggunaan sehari-hari.

Untuk command yang kali ini dapat kami jelaskan terdapat 2 jenis, yakni find and locate. Kedua command tersebut digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pencarian file ataupun directory.

A. Find

Command Find digunakan untuk kebutuhan dalam pencarian data ataupun file, agar dapat memudahkan user menemukan data yang sedang dibutuhkan. Menggunakan command ini mudah, namun command ini memiliki banyak variasi agar lebih memudahkan kembali dalam pencarian data yang diinginkan.

Sebagai contoh, untuk penggunaan command find dapat digunakan sebagai berikut :

1.Command find untuk mencari file berdasarkan nama tanpa memperdulikan huruf besar dan kecil.

Find /home –iname BiznetGio

2. Command find untuk mencari file menggunakan nama pada direktori saat ini

Find . –name BiznetGio


3. Command find untuk mencari file dibawah direktori Home.

Find /home –name BiznetGio


4. Command find mencari direktori berdasarkan nama.

Find / -type d –name BiznetGio



Merujuk pada contoh diatas, penggunaan command find tersebut digunakan dan disesuaikan dengan pencarian yang berbasiskan nama file dan ekstensi nya. Sehingga untuk pencarian file tersebut tidak memerlukan waktu lama dan lebih efisien.


B. Locate

Command Locate digunakan untuk penentuan lokasi file yang ingin kita akses dan dapat juga digunakan untuk melakukan sortir file / data berdasarkan nama / ekstensi yang diinginkan.

Sebagai contoh, untuk penggunaan command locate dapat disimulasikan sebagai berikut:

Command Locate memudahkan para pengguna untuk menentukan dan mengelompokan data dengan spesifikasi yang serupa sesuai dengan kebutuhan user.

Sebagai tambahan informasi untuk command locate ini perlu dilakukan install terlebih dahulu pada sistem Linux Anda agar bisa dijalankan.

Berikut cara atau perintah yang digunakan untuk install locate:

Install Locate di Centos

sudo yum install mlocate

Install locate di Ubuntu

sudo apt update

sudo apt install mlocate

Untuk pengecekan bahwa locate sudah terinstall atau belum dapat dilakukan pengetesan pada terminal Anda dengan ketik commad locate kemudian enter.

Jika muncul pesan seperti di bawah ini maka locate sudah terinstall pada sistem Linux Anda.


Kemudian jika pesan yang muncul adalah locate command not found menunjukan bahwa locate belum terinstall pada sistem Linux Anda.







Konten Terkait