Cara Whitelist IP yang Masuk Dalam List RBL

-

Pendahuluan

RBL (Realtime Blachole List) merupakan sebuah server yang menyimpan daftar IP Address yang melakukan aktivitas spamming. Mail server yang ingin melakukan pencegahan servernya dari aktivitas spamming dari server luar maka dapat menggunakan RBL ini. Pada saat sebuah mail server menerima koneksi dari server lain maka akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dari server RBL ini apakah IP Address yang melakukan koneksi ke mail server tersebut masuk kedalam list IP Address yang melakukan spamming atau tidak, dan apabila IP Address pengirim email atau yang melakukan koneksi ke mail server masuk kedalam list pada RBL tersebut maka akan langsung ditolak oleh mail server tersebut.

Apabila IP Address server kita yang masuk kedalam list RBL ini maka terdapat beberapa cara untuk melakukan delisting IP Address kita dari RBL tersebut dan setiap RBL memiliki metode delisting yang berbeda – beda, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan delisting IP Address dari RBL :

  • Melakukan pengecekan IP Address masuk kedalam list RBL server mana saja, dapat di cek pada link https://mxtoolbox.com/blacklists.aspx, kemudian dapat di isikan IP Address dari server kita.


  • Kemudian akan terlihat IP Address tersebut termasuk list RBL mana saja, seperti berikut :


  • Setelah mengetahui IP Address kita termasuk list RBL mana saja, maka dapat dilakukan searching pada google untuk proses delistnya tersebut, seperti berikut salah satu proses delisting IP Address pada RBL


  • Dapat searching dengan mengetikkan keyword “delist <nama RBL>” pada google, kemudian akan muncul halaman untuk delisting IP pada RBL, sebagai contoh ini untuk delisting IP Address pada RBL spamhaus zen.


  • Kemudian pada halaman website delisting IP Address RBL spamhaus zen ini dapat di masukkan kembali IP Address dari server kita, kemudian dapat dilakukan lookup.


  • Apabila terdapat informasi bahwa IP Address kita memang termasuk list RBL ini maka dapat dilakukan delist dengen menekan link seperti pada gambar diatas


  • Kemudian pada halaman yang sudah di klik sebelumnya dapat di cari untuk tombol “Remove an IP from RBL”

  • Kemudian dapat diisikan untuk data – data yang dibutuhkan oleh pihak RBL agar dapat dilakukan delisting IP Address ini.

Apabila sudah maka akan tampil seperti gambar diatas bahwa proses delisting sudah berhasil dan untuk prosesnya dapat ditunggu maksimal 1x24 jam untuk proses delisting pada database server RBL ini.

Pada tutorial ini dicontohkan untuk delisting IP Address hanya pada salah satu server RBL saja, dan apabila IP Address masuk kedalam list RBL yang lain maka dapat di ulangi langkah nomor 1 sampai dengan 3 kemudian dapat di ikuti langkah delisting IP Address ini sesuai informasi yang ada pada website halaman delisting RBL yang bersangkutan.