Cara Backup & Restore Website Database cPanel

-

ackup

Website Anda perlu di-backup, terutama untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan website Anda tidak bisa diakses atau malah membuat Anda kehilangan data.

1. Di halaman utama cPanel Anda, masuk ke bagian Files kemudian pilih Backup Wizard.



2. Mulai dengan klik tombol Backup pada bagian bawah.


3. Klik tombol Full Backup untuk melanjutkan.


4. Di halaman Full Backup ini Anda perlu memasukkan tujuan tempat backup website. Anda akan ditempatkan, apakah Home Directory, FTP Server, atau alamat email Anda sendiri. Jika sudah, klik tombol Generate Backup.


5. Anda akan langsung diarahkan ke halaman ini. Silakan tunggu, karena proses backup ini dapat memakan waktu cukup lama, tergantung besar ukuran file yang ada di website Anda. Notifikasi proses backup telah selesai akan Anda terima melalui email.

6. Klik tombol Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya. Tindakan ini tidak akan membatalkan proses backup yang sedang berlangsung.


Restore

Selain backup, cPanel memiliki fitur Restore untuk mengembalikan pengaturan website seperti semula.

1. Pada halaman utama Backup Website klik tombol Restore di bagian kanan.


2. Ada beberapa jenis restore yang bisa Anda pilih, apakah itu berupa Home Directory, MySQL Databases, atau Email Forwarders and Filters. Pada contoh ini kami menggunakan Home Directory.

3. Klik tombol Choose File untuk mencari file backup Anda. Kemudian, klik tombol Upload untuk mulai mengunggah file backup Anda. Setelah itu akan muncul jendela baru menandakan bahwa proses sedang berjalan.


4. Akan muncul layar seperti ini apabila proses Restore telah berhasil dilakukan.