Cara Install CentOS 7 LVM dari ISO Gio Public

-

Pendahuluan

Pada layanan Cloud Gio Public kita bisa menggunakan OS sesuai dengan kebutuhan kita dan apabila untuk OS yang kita ingin tidak tersedia pada template OS default dapat melakukan upload OS sesuai dengan kebutuhan.

Untuk cara upload file OS / ISO dapat dilihat pada halaman Upload ISO Pada Gio Public , Setelah selesai melakukan upload dan untuk melakukan installnya dapat dilihat pada halaman Cara Install OS dari ISO

Pada referensi ini kami akan menjelasakan bagainama cara melakukan installasi OS CentOS 7 pada Gio Public dengan tipe disk LVM. Secara default untuk OS Centos yang di sediakan pada Gio Public tidak menggunakan tipe disk LVM.

Pada bagian ini akan menjelaskan langsung ke bagian instalasi CentOS. Apabila sudah selesai melakukan proses instalasi CentOS dengan mengikuti langkah-langkah pada halaman Cara Install OS dari ISO

  1. Untuk tampilan pertama kali Sistem Operasi CentOS saat di buka dengan console.
  2. Dan untuk memulasi instalasi OS pada VM tersebut apabila menggunakan ISO adalah dengan melalui console, dan silahkan dipilih untuk Bahasa yang akan digunakan.


  3. Setelah memilih Bahasa yang akan digunakan, proses selanjutnya masuk ke bagian konfigurasi utama.

  4. Setelah masuk bagian konfigurasi, silahkan untuk dilakukan setting date & time terlebih dahulu.

  5. Selanjutnya silahkan konfigurasi pada bagian Network, karena memakai ISO jadi untuk Network-nya harus di aktifkan manual.

  6. Setelah selesai mengaktifkan Network klik Done untuk kembali ke konfigurasi utama, namun untuk melakukan konfigurasi pada tipe disk bisa masuk ke bagian Installation Destination.


  7. Setelah memilih “I will configure partitioning” akan masuk ke bagian melalukan pembagian pada disk, dan untuk melakukan installasi dengan tipe disk LVM pada bagian harus di pilih LVM.

  8. Untuk langkah selanjutnya lakukan pembuatan partisi pada disk, untuk menambahkan klik tanda “+” .

  9. Langkah pertama di buat adalah partisi untuk /boot, untuk besaran ukuran dari /boot bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan disini memasikan ukuran 1024 MiB.
  10. Untuk penulisan ukuran besar partisi apabila tidak di tuliskan jenis ukurannya maka secara default akan menjadi MiB dan apabila ingin dalam GigaByte maka harus di tulis “GiB” pada akhir penulisan angka.


  11. Setelah selesai menambahkan partisi /boot, maka selanjutnya menambahkan untuk partisi /swap.

  12. Ketiga bisa dilanjutkan untuk menambakan “ / “ atau partisi root yang dimana semua data di simpan pada pertisi root ini.

  13. Apabila ketiga partisi utama sudah ditambahkan makan bisa di klik done pada bagian atas kiri.
  14. Untuk partisi bisa ditambahkan lagi sesuai dengan kebutuhan, missal jika ingin root dengan partisi /home ingin di pisah maka hal tersebut dapat dilakukan.


  15. Apabila sudah tidak ada lagi yang ingin ditambahkan bisa klik Accept change untuk menyimpan konfigurasi dan selanjutnya dapat klik tombol Begin Installation.

  16. Pada halaman ini konfigurasi sesuai kebutuhan, input Root Password yang akan digunakan atau jika ingin menambahkan User selain root dapat klik pada bagian User Creation.

  17. Untuk langkah terakhir setelah proses installasi OS selesai, untuk memastikan konfigurasi berjalan dengan baik silahkan dilakukan Action Reboot.