Cara Membuat Virtual Host Pada Web Server IIS

-
PENDAHULUAN

Virtual Host atau sering disebut dengan Virtual Hosting merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk meng host beberapa atau banyak website di dalam satu server.

Perhatikan gambar berikut ini:


Dari gambar diatas dapat disimpulkan bila Anda mempunyai banyak domain beserta subdomain nya Anda dapat meng host domain dan subdomain tersebut di server Anda.

LANGKAH KERJA

Sebelum membuat sebuah Virtual Host pada IIS pastikan terlebih dahulu Anda telah melakukan instalasi web server IIS pada sistem operasi Windows Server Anda masing - masing.

Untuk instalasi IIS pada Windows Server Anda dapat mengikuti panduannya pada link berikut:

Berikut tahapan membuat Virtual Host pada web server IIS.

Langkah 1

Akses Windows Server Anda masing - masing menggunakan RDP


Langkah 2

Menyiapkan file website dan menentukan direktori yang ingin digunakan oleh website Anda, untuk hal ini silakan sesuaikan dengan keinginan Anda.

Disini kami memberikan contoh sederhana misalnya website berada di Locak Disk (C:)dengan direktori name Virtualhost-iis didalam direktori terdapat file website Anda, seperti pada gambar berikut ini


Langkah 3

Buka IIS Manager di menu Tools pilih menu Internet Information Services (IIS) Manager.


Langkah 4

Membuat Virtual Host Website pada IIS dengan cara klik pada drop down (Hostname\Administrator) lalu klik kanan Sites dan klik Add Website untuk membuat Virtual Host website seperti pada gambar berikut


Pada gambar dibawah ini isikan parameter website Anda masing - masing


Berikut keterangan terkait parameter diatas:

  • Site Name: Isikan dengan nama domain yang Anda digunakan
  • Physical Path: Pilih Direktori website Anda
  • Binding: Isikan parameter port yang ingin digunakan default nya 80
  • Hostname: Isikan dengan nama domain yang Anda digunakan

Berikut contoh setelah di sesuaikan parameternya mulai dari site name, physical path, binding dan hostname. Jika sudah klik OK.


Langkah 5

Pastikan virtual website Anda sudah ada di menu Site, dan silakan akses website Anda dengan cara klik pada menu Browse Website seperti pada gambar berikut:


Saat ini website telah dapat diakses dengan normal dan menandakan virtual host telah berjalan dengan normal


Langkah 6

Supaya website dapat diakses public silakan pointing A record dari domain atau subdomain yang di daftarkan di virtual host IIS Anda ke IP Public Windows Server Anda contohnya seperti berikut:


Tanda @ diatas menandakan root domain, terkait pointing A record ini kiranya dapat menghubungi pihak penyedia atau registrar domain Anda masing - masing.

Apabila domain sudah di pointing ke IP Public Windows Server Anda maka website sudah dapat di akses melalui public seperti berikut ini.



Konten Terkait
konfigurasi
Cara Instal SSL di IIS
Gio 3 min read
1 month ago
aplikasi
Cara Install Web Server IIS Pada Windows Server
Gio 2 min read
1 month ago