Command tools untuk monitoring performance di Sistem Operasi Linux

-

1. Command Top

Salah satu perintah yang paling banyak digunakan untuk monitoring performance Linux adalah command Top. Perintah Top ini berfungsi untuk menampilkan kinerja sistem secara real time seperti CPU, Memory, Serta proses yang sedang berjalan. Command Top ini memiliki kekurangan yaitu tidak menampilkan beban kerja pada masing-masing CPU. Cara eksekusinya dengan menjalankan perintah top, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


2. Command HTOP

Command HTOP juga merupakan perintah untuk memonitoring proses yang sedang berjalan pada sistem melalui terminal linux. Sama seperti perintah Top , Htopberfungsi untuk memantau penggunaan memory , seberapa besar swap yang digunakan , besarnya CPU yang sedang berjalan, memantau aplikasi apa saja yang sedang berjalan, dan seberapa lama computer sudah berjalan. Secara visual, tampilan pada perintah htop ini lebih menarik dan fitur htop ini lebih lengkap dibandingkan dengan perintah top. Dengan menjalankan perintah htop, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:


3. Vmstt

Vmstat merupakan perintah pada linux yang berfungsi untuk menampilkan penggunaan memori, swap, memberikan informasi mengenai interrupt sistem, kecepatan I/O, dan statistik CPU secara real time, dan prose yang sedang berjalan. Berikut tampilannya jika telah menjalankan command vmsat.

4. Lsof

Perintah lsof berfungsi untuk melihat seluruh file yang terbuka berdasarkan proses aktif yang berjalan di sistem. Berikut hasil dari perintah lsof :


5. Netstat

Perintah ini digunakan untuk monitoring incoming dan outgoing pada suatu network/jaringan.


6. Uptime

Cara melihat lamanya computer menyala di system Linux denganmenggunakan perintah uptime. Berikut ini tampilan ketika kita menjalankan perintah uptime pada linux.

Untuk output:


7. Ps

Ps itu sendiri adalah singkatan dari proses status.

Ps adalah Perintah pada linux untuk mengetahui tentang daftar proses. Berikut tampilan pada perintah ps ketika dijalankan pada system linux :

Berikut keterangan pada output perintah ps :


PID: Proses ID

TTY: Tempat dimana sebuah perintah dijalankan.

Time: Waktu yang digunakan CPU untuk menjalankan sebuah perintah.

CMD: Berisi perintah yang dijalankan

8. Free

Free adalah perintah pada sistem linux untuk menampilkan jumlah total memori fisik dan swap sistem dan buffer yang digunakan oleh kernel.


9. Iotop

Perintah Iotop berfungsi untuk melihat tampilan semua proses dan jumlah aktivitas disk yang terjadi.


10. Iftop

Perintah iftop ini digunakan untuk mengetahui dan memantau penggunaan bandwidth pada jaringan secara realtime. Berikut tampilan ketika menjalankan perintah iftop pada sistem linux :