Menambahkan Keypair Baru Pada Instance NEO

-

SSH atau Secure Shell yaitu sebuah protokol komunikasi yang digunakan untuk meremote seuatu Host yang terkoneksi kedalam sebuah jaringan dengan antarmuka teks, keypair itu sendiri merupakan metode untuk selain admin yang dapatdipercaya oleh SSH Server, kemudian juga dapat memanfaatkannya untuk login tanpa menggunakan Password kemudian juga SSH Key Pair tentuanya dapat membuat membuat SSH Server semakin aman dikarenakan hanya manerima Request Login menggunakan Key Pair.

Pada kali ini kita akan menambahkan keypair pada instance NEO, OS yang digunakan adalah ubuntu 18.04 namun tahapan ini dapat dilakukan juga di CentOS.

Pertama-tama kita buat keypair baru pada portal horizon (http://horizon.neo.id/) pada menu “Instance” > “Key Pair” lalu klik “Create Key Pair”


Setelah Key Pair dibuat jangan lupa untuk menyalin keynya dan disimpan di PC anda. Agar keypair yang baru dibuat ini dapat digunakan pada instance kita salin public keynya dengan klik keypair name yang dibuat sebelumnya.


Salin keypairnya dan kita masuk ke instance yang akan ditambahkan keypairnya, edit file yang berada di ~/.ssh/authorized_keys dan tambahkan public key yang kita salin sebelumnya.

Agar keypair yang kita tambahkan tadi dapat digunakan kita restart service sshnya.

Dan anda selanjutnya dapat menggunakan keypair baru untuk login ssh.