Apa yang bisa kami bantu?

A. Pendahuluan

Jika Anda menggunakan email untuk mempromosikan bisnis hingga mendapatkan pelanggan maka sebaiknya Anda perlu untuk melindungi pengirim dan penerima email dari spam, spoofing, dan phising. 

Salah satu cara untuk melindungi pengirim dan penerima email  spam, spoofing, dan phishing adalah dengan menggunakan Sender Policy Framework (SPF) dan DomainKey Identified Mail (DKIM) 

Sender Policy Framework (SPF) 

SPF adalah record yang digunakan autentikasi email yang bekerja dengan memvalidasi email yang terkirim dari mail server yang valid untuk mencegah penipuan dan spamming. Pemilik domain mampu mengidentifikasi email server mana yang dapat mengirim email dengan record SPF. 

DomainKey Identified Mail (DKIM) 

DKIM adalah record untuk autentikasi email yang memungkinkan email  harus diverifikasi oleh DKIM dengan menggunakan public key cryptography untuk proses verifikasinya. Email yang berhasil melewati verifikasi ini seharusnya sudah aman dari email berbahaya seperti spam atau phising 

Pengecekan

Anda dapat melakukan pengecekan apakah domain yang Anda miliki telah mempunyai record SPF and DKIM atau belum dengan menggunakan metode berikut: 

Gambar 1. Check SPF Dan Dkim
  •  Dengan menggunakan command host pada sistem operasi Linux.
Gambar 2. Check SPF Dan Dkim Pada Linux Terminal

 

B. Konfigurasi Penambahan SPF Dan Dkim

Jika Anda belum memiliki record SPF dan DKIM, Anda dapat menggunakan default SPF dan DKIM yang terdapat pada cPanel. Berikut panduan mengaktifkan SPF dan DKIM pada DNS Management. 

 

1. Login ke account cPanel. 

Pastikan anda sudah login ke cPanel terlebih dahulu. Jika anda menggunakan layanan NEO Web Hosting maka dapat menggunakan panduan Cara Akses Layanan Neo Web Hosting

 

2. Pada tab Email, pilih Authentication. 

Gambar 3. Menu Authentication

 

3. Secara default untuk record ini masih dalam keadaan disable. Klik tombol Enable.

Gambar 4. Enable SPF Dan Dkim

 

4. Setelah di-enable, maka akan muncul record dari SPF dan DKIM.

Gambar 5. Enable Sukses

 

Note: Jika pada versi cPanel yang digunakan tidak menemukan fitur authentication, maka dapat menggunakan fitur Email Deliverability untuk mendapatkan record SPF dan DKIM. 
 

1. Pilih Menu Email Deliverability 

Gambar 6. Menu Email Deliveraviliity

 

2. Pilih Domain yang ingin diaktifkan SPf Dan Dkim nya 

Gambar 7. Tomnol Manage

 

3. Install Suggestion Record

Gambar 8. Install Suggested Record

 

Note: Untuk SPF record, silahkan untuk menambahkan command "include:smtp.biz.net.id" sehingga akan seperti ini. 

v=spf1 +a +mx +ip4:ipserver include:smtp.biz.net.id ~all 

Penjelasan mengenai record di atas: 

  • +a : Mengizinkan IP address server dari domain untuk mengirimkan email. 
  • +mx : Mengizinkan server sebagai MX dari domain untuk mengirimkan email. 
  • +ip4:103.58.102.33 : IP address dalam format CIDR yang mengirimkan atau relay email pada domain (IP address tersebut hanya contoh). 
  • include:smtp.biz.net.id : Mengizinkan domain yang dapat mengirimkan atau relay email pada domain. 
  • ~all : Seberapa ketat server memperlakukan email yang masuk dan keluar. 

Berikut berbagai kebijakan pada record SPF: 

  • +all(Pass) –Semua email diperbolehkan. 
  • -all (Fail) – Bahwa kiriman email yang tidak sesuai verifikasi (MX Record, Alamat IP, dan sebagainya) akan otomatis ditolak. 
  • ~all (SoftFail) – Ijinkan email walaupun gagal saat dicocokkan dengan parameternya dan nanti akan ditandai oleh sistem. 
  • ?all (Neutral) – Tidak ada kebijakan yang digunakan. 

Jika layanan anda adalah NEO Web Hosting dan menggunakan name server ns1.neohosting.id dan ns2.neohosting.id  seperti artikel Mengarahkan Nameserver ke Neo Web Hosting maka untuk record nya akan otomatis di tambahkan pada zone editor cPanel namun jika anda menggunakan name server lain, maka perlu menambahkan pada DNS Manajemen seperti contoh berikut

Gambar 9. Contoh Penambahan Record Pada DNS Manajemen

 

Konfigurasi Edit Record SPF 

Pastikan anda sudah melakukan enable pada SPD Dan DKIM seperti panduan diatas 

Pergi ke menu zone Editor

Gambar 10. Menu Zone Editor

 

Pilih Domainnya dan klik manage

Gambar 11. Manage pada Domain

 

Search spf dan klik Edit untuk mengedit nya 

Gambar 12. Edit SPF Record

Untuk layanan NEO Web Hosting dan Share Web Hosting anda dapat email ke support@biznetgio.com untuk meminta record SPF terbarunya 

Jika sudah di edit klik save all record 

Gambar 13. Penyesuaian SPF recod & Save Record


C. Kesimpulan

Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari cara menambahkan SPF dan DKIM Records pada Control Panel cPanel dengan langkah-langkah yang sederhana. Implementasi SPF dan DKIM adalah langkah yang penting untuk meningkatkan keamanan dan keandalan email yang dikirimkan dari domain Anda.

 

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa email yang dikirimkan dari domain Anda akan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan lebih sedikit kemungkinan untuk dianggap sebagai spam atau pesan phishing. Keamanan email adalah bagian penting dari pengelolaan hosting dan domain, dan SPF serta DKIM adalah alat yang berguna dalam melindungi komunikasi email Anda.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Temukan bantuan lainnya melalui  Knowledge Base Biznet Gio. Jika Anda masih memiliki kendala silahkan hubungi support@biznetgio.com atau (021) 5714567