Apa yang bisa kami bantu?

Plesk adalah salah satu software untuk pengaturan pada web hosting. Pada rilis pertama, Plesk berada di bawah perusahaan AS Plesk Inc dan dirancang di Novosibirsk, Rusia. Plesk saat ini tersedia untuk OS (Operating System) server Windows dan Linux. Keduanya adalah produk yang berbeda, walaupun diberi merek yang sama yaitu Plesk. Dengan aplikasi control panel hosting, pengguna dapat mengelola akun hostingnya dengan lebih mudah yaitu melalui browser, termasuk di antaranya upload file ke akun hosting, menginstal aplikasi web, membuat akun email, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui karena salah satu Panel Web Hosting yang saat ini juga banyak digunakan, tentunya yang menjadi peran penting yang harus menjadi concern untuk para pengguna yaitu Security System atau pembaharuan keamanan.  Plesk menyarankan pengguna untuk menginstal rilis produk terbaru, pembaruan keamanan, dan paket layanan agar tetap aman. Saat ini sudah ada Plesk yang tidak lagi di support oleh pihak Plesk maupun dari sisi kami, berikut tabel detailsnya:

Release Version
Mainstream Support Until
Extended Support Until
Status
Plesk 12 16 Juni 2018 1 Januari 2019 End of Life
Plesk 17 Onyx 11 Oktober 2020 20 April 2021 Mainstream Support
Plesk 18 Obisidian Indefinite Indefinite Mainstream Support

Notes:

  1. Selama periode mainstream support, pihak Plesk masih menyediakan pembaharuan mengenai security dan non-security. 
  2. Extended Support hanya menyediakan pembaharuan keamanan.

Dari penjelasan diatas maka diharapkan kepada pelanggan yang masih menggunakan Plesk Panel dengan status rilis dan versi yang lama, kami menyarankan untuk dilakukan upgrade ke Versi yang terbaru sesuai dengan tabel Plesk Lifcycle Matrix.

References: Plesk Lifecycle Policy: https://www.plesk.com/lifecycle-policy/